Selasa, 01 November 2016

Teladan Hidup Haji Agus Salim 
Haji Agus Salim dikenal sebagai salah satu pahlawan Indonesia. Haji Agus Salim lahir dengan nama kecil Mashudul Haq yang berati “pembela kebenaran”. Beliau lahir di kota Gadang, Agam, Sumatera Barat, Hindia Belanda, 8 Oktober 1884. Beliau putera dari
Sultan Muhammad Salim dan istirnya Siti Zainab. Ayahnya memiliki jabatan sebagai Jaksa tinggi Pengadilan Negeri Riau. Beliau lahir dari pasangan Soetan Salim gelar Soetan Mohamad Salim dan Siti Zainab. Jabatan terakhir ayahnya adalah Jaksa Kepala di Pengadilan Negri Riau
Pendidikan dasar ditempuh di Europeesche Lagere School (ELS), sekolah khusus anak-anak Eropa, kemudian dilanjutkan ke Hoogere Burgerschool (HBS) di Batavia. Ketika beliau lulus, beliau berhasil menjadi lulusan terbaik di HBS se-Hindia Belanda.
Beliau bekerja sebagai penerjemah dan pembantu notaris pada sebuah kongsi pertambangan di Indragiri. Pada tahun 1906, Salim berangkat ke Jeddah, Arab Saudi untuk bekerja di Konsulat Belanda.
Pada tahun 1915 di Harian Neratja sebagai Redaktur II. Beliau  diangkat menjadi Ketua Redaksi. Beliau menikah dengan Zaenatun Nahar dan mempunyai 8 seoranng anak. Kegiatannya dalam bidang jurnalistik terus berlangsung hingga akhirnya menjadi Pemimpin Harian Hindia Baroe di Jakarta. Kemudian beliau mendirikan Surat kabar Fadjar Asia. Beliau juga menjabat sebagai Redaktur Harian Moestika di Yogyakarta dan membuka kantor Advies en Informatie Bureau Penerangan Oemoem (AIPO). Beliau menjadi seorang pimpinan serikat islam.

Karier Politik Haji Agus Salim

Pada tahun 1915, beliau bergabung dengan Serekat Islam (SI), beliau menjadi pimpinan kedua di SI setelah H. O. S Tjokroaminoto. Beliau memiliki peran pada masa perjuangan kemerdekaan RI. Pada tahun 1921-1924, beliau menjadi anggota Volksraad. Beliau menjadi anggota panita 9 BPUPKI yang mempersiapkan UUD 1945. Beliau menjadi menteri muda luar negri kabinet II pada tahun 1946, dan kabinet III pada tahun 1947. Pada tahun 1947 beliau juga menjadi pembukaan hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara Arab, terutama Mesir. Pada tahun 1947 beliau juga menjadi Mentri Luar Negri kabinet Amir Sjarifuddin. Pada tahun 1948-1949, beliau menjdi mentri luar negri kabinet Hatta. Pada tahun 1946-1950 beliau menjadi laksana bintang cemerlang dalam politik Indonesia, sehingga beliau mendapat gelar “Orang Tua Besar ( The Grand Old Man). Pada tahun 1950, beliau pernah menjadi mentri luar negri RI pada kabinet Presidentil. Pada tahun 1952, beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI. Pada tahun 1906-1911, beliau Agus salim berangkat ke Jedah, Arab Saudi, untuk berkerja sebagai penerjemah di konsultan Belanda. Pada tahun 1915, beliau bergabung dengan HOS Tjokrominoto dan Abdul Muis. Pada tahun 1923, timbul perpecahan di SI.


Peran Haji Agus Salim

Beliau Haji Agus Salim salah satu pendiri Jong Islamieten Bond. Beliau juga membuat gerakan untuk meluluhkan doktrin keagamaan. Dalam Kongres Jong Islamieten Bond ke-2 di Yogyakarta. Pada tahun 1927, beliau Agus Salim membuat persetujuan dengan pengurus Jong Islamieten Bond. Beliau Agus Salim menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada akhir kekuasaan Jepang. Ketika Indonesia merdeka, beliau diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung. Beliau dipercaya sebagai Mentri Muda Luar Negri dalam kabinet Syahrir I dan II, beliau juga dipercaya sebagai Mentri Luar Negri dalam kabinet Hatta. Dalam kalangan diplomatik Agus Salim dikenal dengan The Grand Old Man, beliau dibentuk sebagai pengakuan atas prestasinya di bidang diplomasi. Beliau dikenal dengan berjiwa besar.
  
Masa Kemerdekaan

            Setelah Indonesia Merdeka, beliau Agus Salim tercatat menduduki beberapa jabatan penting di pemerintahan. Konferensi tersebut diselenggarakan atas prakasa Perdana Mentri India, Pandit Jawaharlal Nehru. Pada tanggal 4 April 1947, beliiau Agus Salim ditunjuk sebagai untuk memimpin misi diplomatik Republik Indonesia, untuk mengunjungi Negara-negara Islam di Timur Tengah. Tugas beliau adalah membawa pengakuan kemerdekaan Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Indonesia mendapat pengakuan De Jure dan De Facto berturut- turut di Mesir pada tanggal 10 Juni 1947, di Suriah pada tanggal 2 Juli 1947, di Irak pada tanggal 16 Juli 1947, di Afganistan pada tanggal 23 September 1947, dan Arab Saudi 21 November 1947.

Wafatnya Haji Agus Salim

            Pada tanggal 4 November 1954, Haji Agus Salim wafat di usia 70 tahun, dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta. Semasa hidupnya, beliau Agus Salim tidak pernah di beri tanda jasa. Pada tanggal 17 agustus 1960, beliau mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Tingkat I, dan pada tanggal 20 Mei 1961, beliau mendapat penghargaan Satyelencana peringatan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar